KAYU UNTUK MEBEL

Berbicara tentang beberapa kayu yang dapat dipergunakan untuk mebel, bagi kita yang kebetulan berdomisili di pulau Jawa, pikiran kita akan tertuju pada lingkungan sekitar yang banyak ditumbuhi berbagai macam jenis pohon besar yang menghasilkan kayu yang keras dan bertekstur indah, seperti pohon kayu jati, mahoni, sono keling, akasia, dll.

Tidak semua pohon kayu dapat dipergunakan untuk bahan dasar furniture, karena furniture adalah peralatan rumah tangga ( kursi, meja, tempat tidur, lemari dll ) yang memiliki keaweta, ketahanan dan nilai keindahan.
Dengan demikian kayu yang akan digunakan untuk furniture adalah kayu yang keras, dan mempunyai penampilan permukaan yang bagus.


Ada beberapa macam jenis kayu yang cocok untuk bahan dasar pembuatan furniture yaitu ;
1. Kayu Jati

kayu untuk mebel

Kayu Jati adalah kayu yang memiliki serat dan tekstur yang paling indah, disamping itu kayu jati juga memiliki kandungan minyak sehingga tidak mudah terkena hama kayu jati juga terkenal kuat dan tahan lama.

2..Kayu Mahoni    

KAYU UNTUK MEBEL
                  
Kayu mahoni adalah kayu yang memiliki tekstur yang halus, seratnya indah dan berwarna kuning kemerahan.,
kayu mahoni harganya lebih murah bila dibanding dengan kayu jati.
kayu mahoni ini banyak dipilih oleh kebanyakan pengrajin disamping tampilannya bagus karena harganya juga sangat terjangkau.
Pohon  mahoni banyak tumbuh di pinggir- pinggir jalan sebagai pohon pelindung atau peneduh, selain itu pohon mahoni juga banyak tumbuh disela sela pohon jati.

3. Kayu Sono Keling.

KAYU UNTUK MEBEL

Kayu sono keling termasuk kayu yang bisa digunakan untuk bahan dasar furniture.
Kayu sono keling adalah kayu yang sangat mempesona karena memiliki warna serat kayu yang begitu indah,dengan perpaduan warna ungu bercoret hitam dan coklat kemerahan, sungguh perpaduan warna alami yang sempurna.
Namun demikian tidak semua pengrajin furniture menyukai kayu sonokeling sebagai bahan dasar furniturenya bukan karena tampilannya melainkan karena kondisi kayu tersebut yang sangat keras.

4. Kayu Akasia
KAYU UNTUK MEBEL


Kayu akasia adalah salah satu jenis kayu yang keras dengan bobot yang sangat berat, bahkan bobotnya melebihi beratnya kayu jati dan kayu sonokeling.
Kayu akasia memiliki tampilan warna menyerupai kayu jati, sehingga kayu akasia ini dapat berfungsi sebagai kayu alternatif pengganti kayu jati untuk bahan dasar produksi mebel atau barang-barang perabot rumah tangga atau lainnya.


   


Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »