KAYU SONO KELING

KAYU SONOKELING
                                  Kayu sonokeling si hitam yang berat, kuat dan unik

Pohon sonokeling adalah satu satunya tanaman yang menghasilkan kayu keras dengan corak yang menawan, memiliki nilai dekoratif pada tampilannya.
pohon sono keling banyak tumbuh di hutan hutan pulau Jawa, yaitu di Jawa Tengah dan di Jawa Timur.

Pohon ini dapat tumbuh walaupun ditanah yang kering, tidak subur dan berbatuan. namun masa tumbuh pohon sono keling ini memerlukan waktu yang lama hingga puluhan tahun, idealnya bisa mencapai sekitar 20 tahun untuk memperoleh kayu dengan kwalitas baik.
Mengapa demikian, itu dikarenakan semakin tua umur pohon kayu sono keling maka serat kayupun akan semakin keras dan bertekstur lebih halus.

Pada saat ini kayu sono keling mulai sulit ditemukan di galangan galangan kayu, terutama yang berdiameter 40cm keatas sudah menjadi komoditi unggulan dikelasnya dalam dunia perdagangan kayu di pulau Jawa.

Banyak pabrik pabrik besar yang mencari supllayer kayu sono keling dalam jumlah besar yang selanjutnya dipergunakan untuk bahan dasar pembuatan Viner mewah, atau pelapis permukaan kayu yang harganya mahal.

Kebutuhan akan kayu sono keling ternyata bukan hanya pabrik besar saja melainkan para pengrajin furniture kelas atas juga tidak mau ketinggalan, hal ini disebabkan kondisi kayu sono yang keras, kuat, awet dan lebih dari itu adalah ciri-ciri khas yang dimiliki oleh kayu sono keling yang tidak dimiliki oleh kayu lainnya yaitu corak warna kayu dengan tampilan yang unik.

Perpaduan warna alami yang dimiliki oleh kayu sono keling  yaitu ungu bercoretkan hitam dan coklat kemerah merahan disertai serat kayu dan tekstur yang indah menawan, mewah dapat menambah nilai jual yang tinggi, sungguh perpaduan warna yang mempesona dan sempurna.

kayu sono keling yang begitu banyak memiliki keunggulan ini masih ada sedikit kelemahannya, yaitu terletak pada gubalnya (bagian pinggir kayu yang berwarna putih ).
Dalam proses produksi bahan bangunan terutama pembuatan kusen , pintu ataupun dalam produksi   furniture terutama kursi, meja, lemari dll jangan sampai mengikutkan sertakan gubal kayu sonkeling pada bagian bagian barang tersebut.karena disitulah letak kesalahannya.
Mengapa demikian, karena gubal kayu sono keling tidak tahan terhadap kelembaban, dan mudah keropos.

Disamping itu dalam proses produksi furniture berbahan dasar kayu sono keling sebaiknya dalam kegiatannya menggunakan mesin, dan itu akan lebih mudah, namun bila dipaksakan kegiatannya dilakukan secara manual maka para pekerja yang ada akan meninggalkan kita, itu disebabkan oleh karena sangat keras dan uletnya kayu sono keling ini yang mengakibatkan para pekerja manual merasa kesulitan dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »