CARA PEMAKAIAN MELAMIN

Finishing Furniture menggunakan Melamine 


proses finishing menggunakan melamine


                              Mulyati finishing mebelnya dengan Melamine 

Melamine adalah bahan finishing mebel yang tergolong modern dan banyak dipergunaakan oleh para 
pengrajin furniture saat ini.
Melamine khusus untuk finishing furniture yang ditempatkan dalam ruangan (interior)
pengaplikasian melamin dengan cara disemprot dan berkaitan dengan cuaca.

Dengan finishing berbahan melamin menjadikan permukaan furniture sangat halus karena melamine dapat menutup pori pori kayu .
melamin juga mampu menampilkan serat kayu dengan sempurna, sehingga dapat memberi nilai keindahan, memberi kesan mewah dan elegan .

Cara Pemakaian Melamine

1. Tahap awal

Furniture yang akan kita finishing harus di cek terlebih dahulu kondisi apakah perlu revisi, tidak ada yang cacat, penggosokannya tidak bergelombang dan sudah benar benar halus ? dan tentunya juga sudah di wood filler.
mengapa demikian, karena tahap awal diatas sangat menentukan akan keberhasilan di akhir nanti
.
2. Proses Pewarnaan
Pada tahapan ini harus dipastikan furnitur yang akan kita proses sudah melewati tahap pertama dengan sempurna.

sebelum proses warna furniture terlebih dahula didasari dengan sending seller yang diencerkan dengan tiner dan jangan lupa diberi hardiner secukupnya sebagai pengering, lalu kuaskan keseluruh permukaan furniture, diamkan tunggu sampai kering kemudian lakukan penggosokan menggunakan rampelas no 180 hingga rata , baru dilanjutkan proses pewarnaan.

Untuk pewarnaan bisa memilih wood stain yang kita inginkan misalnya cocoa brown, dark brown, salak brown dll, tinggal menyesuaikan saja.
wood stain yang sudah dipilih kita campur dengan sending seller yang diencerkan dengan tiner dan janganlupa diberi hardiner secukupnya aduk sampai rata, cara kerjanya menggunakan spray gun / spet.

wood stain yang sudah dicampur sending seller tersebut kita semprotkan ke seluruh permukaan furniture, dalam proses pewarnaan ini harus penuh hati-hati, perhatikan kondisi warna dasar kayunya karena  umumnya pada proses produksi barang yang terbuat dari kayu jati terdiri dari beberapa warna kayu, ada yang coklat, putih, dan doreng.

Disini kita dituntut untuk menyamakan beberapa warna kayu tadi, untuk itu dalam proses pewarnaan ini dibutuhkan tenaga yang profesional dan banyak pengalaman agar supaya  akhir kegiatan ini memberi hasil maksimal.

Setelah proses pewarnaan selesai diamkan hingga kering kemudian lakukan penggosokan lagi menggunakan rampelas air no 380.
dalam proses penggosokan ini perlu hati-hati terutama pada bagian tepi atau ujung furniture mudah tergores warnanya.

Dilanjutkan dengan penyemprotan sending seller putihan (campuran sending seller + hardiner + tiner) untuk penebalan lapisan film nya.
Setelah proses penebalan ini selesai disarankan diamkan kering hingga semalam.
keesokan harinya lakukan penggosokan lagi dengan menggunakan rampelas air no 400 .
Pastikan semua permukaan furniture tergosok dan benar-benar halus..

Tahap Finishing Melamine
untuk finish akhir bagi yang menginginkan mengkilap bisa menggunakan melamine glossy, sebaliknya bisa menggunakan melamine semi gloss atau melamine doff.

Sebelum proses penyemprotan melamine dilakukan, pastikan dulu permukaan furnitur benar-benar sudah tergosok dengan halus, pastikan cuaca harus mendukung karena kegiatan ini membutuhkan cuaca panas agar tidak terjadi pengembunan, baru dilanjutkan proses penyemprotan melamine (campuran melamine + hardiner +tiner A spesial).
Lakukan penyemprotan melamine ke seluruh permukaan furniture sampai rata, kemudian diamkan di tempat yang jauh dari debu supaya terjaga kebersihan dan kehalusannya hingga kering .

Finishing dengan Glossy maupun Dof memiliki fungsi sebagai pelapis yang melapisi furniture dari goresan dan menguatkan warna sehingga memberikan tampilan mewah, indah dan elegant.
Selesai dan sekarang furniture siap kita kirim.
Nah saudaraku selamat mencoba,,salam dari jauh,,,


Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

First

8 comments

comments
2 January 2017 at 19:20 delete

makasih sdh berbagi ilmu tentang finishing,,,,ni aku mau tanya apakah dari beberapa langkah diatas kesemuanya harus dikerjakan dibawah terik matahari atau khusus untuk proses melamine saja (terakhir) yang butuh cuaca panas trims...

Reply
avatar
17 January 2017 at 00:43 delete

tips yang sangat bagus dan sangat membantu sekali...

Reply
avatar
17 January 2017 at 00:45 delete

terimaksih tipsnya... arikelnya sangat keren...

Reply
avatar
17 January 2017 at 00:46 delete

artikelnya sangat keren... semoga blog saya juga bisa seramai ini...

Reply
avatar
22 May 2018 at 13:55 delete

Sebaiknya tidak dibawah sinar matahari, tapi untuk pengeringan nya, bisa saja memanfaatkan sinar matahri

Reply
avatar
7 October 2018 at 18:22 delete

Gimana bos cara mengkilapkan kembali melamin yang kurang mengkilap

Reply
avatar
5 March 2019 at 02:30 delete

yg di mksud di atas?
cuaca hrus panas tidak mendung..
sinar matahri ada..

Reply
avatar