POLITUR AIR


Politur air adalah pewarna kayu dengan pengencer berbahan dasar air, politur ini bersifat transparan, tidak menutup serat kayu sehingga kayu nampak lebih bagus.
POLITUR AIR
Politur ini sudah kemasan siap pakai dan banyak dijual di toko bangunan atau toko cat, dan macamnya banyak seperti, Mowilex wood stain, Balezo wood stain, Propan aqua politur dll.
Politur ini walaupun tergolong murah namun memiliki keunggulan sebagai berikut :

Melindungi kayu dari sinar ultra violet matahari
Mencegah serangan serangga kayu dan munculnya jamur.
Tahan terhadap perubahan cuaca dan mencegah pelapukaan kayu.
Menangkal air sehingga air tidak mudah terserap oleh pori-pori kayu.
Tidak beracun sehingga lebih aman.
Tidak berbau dan pengencernya hanya dengan air.

Cara Pemakaian Politur Air
1. Pertama menyiapkan kayu atau barang mebel yang akan dipolitur untuk di dempul bila ada cacat kayu seperti lobang, hati kayu atau sambungan kayu yang kurang rapat, kemudian digosok atau dirampelas, bisa menggunakan mesin gerenda guna mempercepat pekerjaan, jika tidak memiliki mesin gerenda anda juga dapat melakukan penggosokan secara manual menggunakan tangan memakai rampelas no.80 kemudian dilanjutkan dengan rampelas no. 150 sampai kayu atau barang mebel benar-benar halus dan siap untuk di politur, jangan lupa bersihkan barang tersebut dari debu rampelas dengan menyapunya menggunakan kuas.

2. Kedua menyiapkan bahan yang akan digunakan, tentukan dulu pilihan anda pada salah satu prodak diantaranya Propan aqua, Balezo wood stain atau Mowilex wood stain ? selanjutnya memilih warna yang anda inginkan misalnya warna cocoa brown, teak brown, mahagoni, akasia, walnut dll. selain itu anda juga harus memilih clear atau penutup politur sebagai tampilan akhir yaitu clear gloss untuk yang menyukai mengkilap, sebaliknya clear dof lebih elegan.

3. Ketiga proses pengaplikasian politur berawal dari membuka kaleng politur lalu masukkan air sebanyak 10 % dari politur kemudian aduk sampai campuran rata kemudian ambil kuas ukuran sedang, celupkan kuas kedalam politur lalu sapukan keseluruh permukaan kayu atau barang mebel sampai rata  dan apabila terjadi tetesan ataubtupahan politur mengenai barang sebaiknya segera lap dengan kain yang mudah menyerap air agar tidak sampai mengendap dan menyebabkan warna terlihat tidak rata.
Kegiatan ini bisa diulang hingga dua kali lalu diamkan sampai kering kemudian lakukan penggosokan memakai rampelas halus no 240.

4. Keempat melanjutkan pengaplikasian politur dengan menggunakan kain ball atau kain kaos yang halus, caranya bisa dengan membungkus rambut kuas dengan kain ball atau kain kaos kemudian celupkan kedalam politur selanjutnya sapukan ke seluruh permukaan kayu atau barang sambil agak ditekan dan lakukan hal ini berulang ulang sampai anda mendapatkan warna yang dikehendaki, namun perlu diperhatikan, setiap  akan melakukan pengulangan melapisi politur pada kayu atau barang tersebut harus digosok dulu memakai rampelas air no. 400.

5. Kelima kegiatan politur penutup, bila anda menginginkan tampilan akhir tampak selalu baru dan mengkilat bisa memakai clear gloss, namu sebaliknya bila anda tidak suka mengkilap bisa memakai clear dof.
Kegunaan clear dapat melidungi kayu, atau barang mebel juga dapat menguatkan warna politur adapun cara pemakaiannya sama yaitu mengkuaskan keseluruh permukaan kayu atau barang mebel, sehingga barang-barang tersebut tampak lebih indah.


Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

15 comments

comments
9 November 2015 at 01:24 delete

Mantap infonya gan
smoga sukses selalu
salam kenal
Tukang cat tembok,

Reply
avatar
29 December 2015 at 02:02 delete

makasih udah singgah mas Isma usna, semoga bisa bermanfaat

Reply
avatar
28 February 2016 at 04:23 delete This comment has been removed by the author.
avatar
Vic
13 May 2016 at 08:25 delete

trims, ini bermanfaat sekali... sukses terus!

Reply
avatar
27 July 2016 at 20:08 delete This comment has been removed by the author.
avatar
27 July 2016 at 20:10 delete

makasih. ilmunya sngt bermanfaat. tanks.

Reply
avatar
30 March 2017 at 21:31 delete

ada juga merk yang bagus lho gan, saya pernah make cat Biovarnish

Reply
avatar
14 December 2017 at 22:27 delete

Gan numpang tanya suplayer politur moeloek di palembang di mana,mohon infonya

Reply
avatar
14 December 2017 at 22:28 delete

Gan numpang tanya suplayer politur mowilek di palembang di mana,mohon infonya

Reply
avatar
19 December 2017 at 08:11 delete

Mas mohon masukannya saya masih awam.
Rencana mau finishing pakai propan, apa aja mas dari dempul plitur dan clear/vernis.
Masih bingung milih produknya hehe.
Makasih sebelumnya

Reply
avatar
25 June 2018 at 02:33 delete

Utk tahap terakhir cleargloss apa bisa di semprotkan spt plitur biasa yg pakai thinner?

Reply
avatar
20 December 2020 at 06:09 delete

Terimksh ulasan sangat bermanfaat..semenjak sy kenal plitur mowilex sy lngsng mencoba nya,hasil sempura dan luar biasa.dari situlah sy tdk mau menggunakan plitur merk lain lagi.

Reply
avatar