PROSES FINISHING MELAMINE


PROSES FINISHING MELAMINE
                      Cara Muly Ati  Finishing Mebel nya

 PERSIAPAN FINISHING MELAMIN
Tahap awal sebelum memulai proses finishing mebel terlebih dahulu kita siapkan dulu, tempat, alat dan bahan-bahan yang akan digunakan.

Tempat Finishing
Tempat proses finishing ikut menentukan keberhasilan, untuk itu terlebih dahulu kita siapkan 3 tempat / ruang yang cukup layak, meliputi tempat grenda, tempat spet dan tempat untuk menaruh barang yang selesai di spet.

Alat - alat yang diperlukan
. Mesin Grenda
. Mesin Compressor
. Spray Gun / Spet

Bahan bahan yang diperlukan
. Dempul ( campuran lem epoxy tterdiri resin & hardiner + serbuk kayu )
. Rampelas no.100, 120. 150.180 dan rampelas air no 400
. Wood filler buatan sendiri (campuran talek +lem putih +oker kuning +oker merah )
. Wood filler (siap pakai)
. Wood stains / warna kayu
. Tiner B,dan tiner A spesial
. Sending Sealer
. Melamin ( gloss , dolf , semi gloss )

TAHAP TAHAP FINISHING
1. Pertama barang yang akan kita finising terlebih dahulu kita cek, apakah masih membutuhkan revisi atau sudah siap diproses finising .

2. Perhatikan bagian bagian barang yang akan kita finishing barangkali ada yang cacat, lobang, mata kayu, hati kayu dsb.bila ada maka bagian bagian tersebut kita bersihkan lalu kita dempul.

3. Setelah dempul kering , kemudian kita lakukan penggosokan, Kita ratakan memakai mesin grenda dengan menggunakan rampelas no 100 hingga permukaan kayu atau barang benar benar rata (tidak bergelombang), dalam tahap ini target kita bukan halusnya barang tetapi permukaan barang yang rata , datar tidak bergelombang.

4. Kita lanjutkan dengan menggosok secara manual dengan tangan memakai rampelas no. 180 karena target kita adalah barang halus.

5. Bila barang benar benar sudah halus , kita lanjutkan menutup pori pori kayu dengan bedak (wood filler buatan sendiri) dengan cara kita mengkuaskan wood filler buatan tersebut pada permukaan barang.

6. Setelah kering , barang yang sudah dikuas wood filler tersebut kita gosok dengan rampelas no 180 hingga bersih.

7. Bersihkan barang dari wood filler dan debu lalu kita kuaskan sending sealer yang sudah dicampur tiner B (cara mencampur sending sealer untuk kuas yaitu 0,5 kg sending + 1liter tiner + hardiner secukupnya )

8. Perhatikan pori pori kayu yang kecil kecil, tutup dengan wood filler yang kental (wood filler siap pakai ) dengan cara manual.

9. Lakukan pengamplasan dengan memakai rampelas no 180 hingga bersih.

10. Bersihkan barang dari debu, lanjutkan dengan proses penyemprotan warna dengan menggunakan spray Gun atau Spet.

Proses Pewarnaan harus kita lakukan dengan penuh hati hati agar warna yang kita semprotkan
terlihat rata sesuai yang kita inginkan. bahan yang kita perlukan yaitu campuran 1 kg sending sealer + 1liter tiner + wood stain secukupnya hardiner secukupnya ,( wood stain sesuai keinginan bisa Dark brown , salak brown , Cocoa brown       dll )

11. Setelah penyemprotan warna sudah kering , lakukan penggosokan dengan sangat hati hati memakai rampelas air no 400.

12. lakukan penyemprotan sending sealer untuk penebalan dengan campuran 1kg sending + 1 liter tiner A dan hardiner secukupnya. kemudian biarkan kering , dianjurkan didiamkan selama 1 hari atau semalam.

13. lakukan pengamplasan lagi dengan memakai rampelas air no 400.ke seluruh permukaan barang hingga halus.

14. Bersihkan barang dari debu, lanjutkan penyemprotan terakhir dengan menyemprotkan Melamin   Clear yang sudah dicampur tiner A spesial,melamin clear bisa dolf , gloss atau semi gloss,(cara  mencampur bahan 1 kg Melamin + 1 liter Tiner A dan hardiner secukupnya). pada saat proses ini juga perlu diperhatikan cuaca harus mendukung ,agar hasil bisa maksimal.
Selesai barang mebel kayu siap kita kir

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »