KAYU MAHONI

kayu mahoni
                               Kayu mahoni berserat halus cantik dan murah

Pohon mahoni adalah tanaman tahun dengan batang bulat dengan kulit bersisik yang menghasilkan kayu yang keras dengan permukaan yang halus.
Pohon mahoni tumbuh didaerah tropis dan banyak tumbuh liar disela sela pohon jati dan banyak ditanam di pinggir pinggir jalan, sebagai pohon pelindung.

disamping karena pohon mahoni termasuk tanaman yang membutuhkan tatapan langsung dengan sinar matahari, pohon mahoni ini bisa tumbuh di tanah yang gersang karena memiliki kemampuan bertahan hidup walaupun tidak tersentuh air berbulan bulan.

Dilihat dari fungsinya pohon mahoni merupakan tanaman yang banyak manfaatnya bagi kehidupan diantaranya daunnya bisa digunakan untuk pakan ternak, biji mahoni bisa digunakan untuk bahan obot obatan, batangnya banyak dicari orang untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan perabot rumah tangga atau mebel dan bahan bangunan rumah seperti kusen dan pintu dll.

Sekarang ini kayu mahoni mulai banyak dipilih oleh para pengrajin furnitre untuk dipergunakan sebagai bahan furniturnya dengan pertimbangan kayu mahoni memiliki tekstur yang halus sehingga mudah dalam pengerjaannya, disamping itu seratnya yang indah dengan warna kuning kemerahan bisa menambah nilai jual , ditunjang lagi dari segi harga kayu mahoni termasuk lebih murah harganya bila dibanding dengan harga kayu jati.

Pada saat ini banyak orong yang mulai membudidayakan kayu mahoni di kebun kebun mereka dan banyak dijual di galangn galangan kayu.
Khusus di pulau jawa persediaan kayu mahoni ini masih sangat banyak, ini dikarenakan pohon mahoni memiliki masa tumbuh yang jauh lebih cepat yaitu antara 10 - 12 tahun pohon mahoni sudah siap ditebang untuk diambil kayunya


Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »