CAT DUCO

proses finishing cat duco
                                                   muly ati finishing duco mebelnya

Finishing Furniture dengan bahan dasar cat duko adalah kegiatan memberikan lapisan pada permukaan kayu atau  mebel dengan cara penyemprotan .
Kegiatan finishing ini merupakan kegiatan yang exstra hati hati, karena membutuhkan ketrampilan khusus, ketelitian, ketlatenan, dan kesabaran yang tinggi dalam proses pengerjaannya.

Dengan begitu dapat memberikan hasil akhir sesuai dengan yang kita harapkan.
Adapun bahan bahan yang perlu disediakan adalah dempul, epoxy, cat duco, tiner dan clear gloss atau clear doff


Cara Pengerjaan Finishing Cat Duco
Kayu kusen, pintu, atau barang barang mebel yang akan difinishing harus dipastikan dulu kondisi kayu sudah benar benar kering supaya tidak ada penyusutan dan kondisi barang sudah rapi dan kuat tanpa perlu adanya revisi lagi.
bila kondisi kayu atau barang sudah baik maka dilanjutkan dengan kegiatan selanjutnya yaitu ;

Tahap awal
kegiatan pengamplasan dengan target permukaan kayu atau barang harus rata, dalam kegiatan ini bisa menggunakan mesin gerenda dengan memakai rampelas nomor 120, kegiatan ini juga membutuhkan ketrampilan khusus agar permukaan kayu tidak bergelombang.

Tahap ke dua
Kegiatan pendempulan untuk menutup serat dan pori pori  kayu dengan cara membaluti seluruh permukaan kayu atau barang barang mebel dengan memakai kape secara tipis tipis saja sampai rata agar tidak menyulitkan proses pengampelasannya nanti.
Diamkan tunggu sampai kering, kurang lebih 1 - 2 jam kemudian lakukan penggosokan lagi dengan target dempul bisa rata tidak bergelombang karena hal ini besar pengaruhnya pada hasil akhir nanti.

Tahap ke tiga
Kegiatan penyemprotan epoxy untuk menutup serat dan pori pori kayu, kedudukan epoxy disini selain menutup serat dan pori pori juga sebagai penguat cat.
Warna epoxy sebaiknya disesuaikan dengan warna cat duco yang dipilih agar dapat mempercepat proses pewarnaannya, misalnya jika kita akan menggunakan cat duco warna putih, sebaiknya epoxynya diusahakan memakai warna putih juga.

Setelah penyemprotan epoxy dirasa sudah cukup, diamkan beberapa waktu tunggu epoxy sampai kering baru dilanjutkan dengan kegiatan penggosokan lagi menggunakan rampelas no 180 karena dalam hal ini targetnya adalah permukaan kayu atau barang benar benar halus.

Tahap ke 4
Kegiatan penyemprotan warna dilakukan dengan cara menyemprotkan cat duco ( pilihan warna sesuai selera ) keseluruh permukaan kayu atau barang barang mebel. dalam proses penyemprotan warna ini membutuhkan pekerja yang memiliki banyak pengalaman dan tingkat ketelitian tinggi agar
penyamaan warna bisa rata, dan apabila masih belum rata bisa diulang kembali sampai dua kali sampai warna benar benar tampak rata dan sempurna.

Tahap Terakhir
Kegiatan penyemprotan clear doff atau clear gloss pada seluruh permukaan kayu atau barang barang mebel sebagai tahap penutup dengan tujuan memberi lapisan clear untuk melindungi barang barang yang kita finishing dari goresan dan untuk menguatkan warna cat duco, juga memberikan tampilan halus pada kayu atau barang barang kita sehingga tampak lebih mewah.
Bagi yang menginginkan tampilan akhir tampak mengkilat bisa menggunakan cear gloss dan sebaliknya untuk tampilan yang anggun bisa menggunakan cear doff.

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

11 comments

comments
19 December 2016 at 00:45 delete

Kape itu apa ya..di tahap kedua
...

Reply
avatar
2 February 2017 at 19:31 delete

misal langsung di tutupi milamin dop putih triplek nya gmna

Reply
avatar
5 February 2017 at 20:56 delete

sangat bermanfaat infonya
cek juga http://www.ahlibeton.co.id/2015/09/floor-hardener.html untuk pembuatan floor hardener

Reply
avatar
22 March 2017 at 11:37 delete

Pippo Buemi, abbiamo avuto un incontro io, Sam Di Salvo, Carmelo Bisognano, ed Antonino Alesci. DemirLeather

Reply
avatar
11 May 2017 at 23:20 delete

Ternyata susah ya. Saya suruh tukang ajalah. Dikirain gampang

Reply
avatar
31 January 2018 at 10:59 delete

Coba pake video untuk langkah2nya biar lebih jelas

Reply
avatar