KAYU JATI

KAYU JATI
                              Kayu jati terkenal kuat, awet, indah dan berserat halus

Pohon Jati merupakan tanaman tahun penghasil kayu berkwalitas paling istimewa dan memiliki nilai artistik pada permukaannya, dengan tampilan warna, serat, tekstur yang indah mampu mengantarkan kayu ini berada pada urutan teratas bila dilihat dari segi mutu kayu maupun harganya.
Pohon jati dapat tumbuh dengan baik di daerah kering dan berkapur.
Di Indonesia keberadaan pohon jati banyak terdapat di daerah pulau Jawa yaitu di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Masa tumbuh kayu jati membutuhkan waktu yang sangat lama, idealnya untuk memperoleh kayu jati dengan mutu baik membutuhkan waktu kurang lebih 40 - 50 tahun.
Disaat musim kemarau tiba pohon jati akan menggugurkan daunnya dan menghasilkan lingkaran tahun kayu yang berkwalitas tinggi.

Pulau Jawa merupakan penghasil kayu jati dengan mutu terbaik sejak zaman Belanda dulu dan sekarang mulai dari pembibitan, penanaman, perawatan, penebangan, dan penjualan semua dikelola oleh Perum Perhutani.
Harga kayu jati di perhutani disesuaikan dengan kondisi kayu meliputi ; mutu kayu, diameter, panjang kayu dan keberadaan kayu berasal dari daerah mana.
adapun untuk menentukan mutu kayu berdasarkan adanya garis lingkarnya tahun ,berbatang lurus dan sedikit puncak (mata kayu) dan tentunya tidak lobang juga tidak doreng.

Kayu jati oleh kebanyakan orang dipercaya sebagai kayu dengan serat dan tekstur yang paling indah, berminyak, kuat dan tahan lama.
walaupun harga kayu jati tergolong cukup mahal, namun tidak menyurutkan konsumen untuk mendapatkannya, sehingga menjadikan kayu jati ini sebagai kayu terlaris dipasaran kayu.
Banyak para pengrajin mebel di Jepara (Jawa Tengah) maupun para pengraji mebel di Pasuruan (Jawa Timur) memilih kayu jati untuk digunakan sebagai bahan dasar mebelnya.
Ini membuktikan bila kayu jati merupakan kayu dengan harga yang tinggi ,namun tetap menjadi primadona dengan tampilannya yang indah.


.

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
4 May 2015 at 15:00 delete

Artikelnya bagus banget gan... sukses selalu gan

Reply
avatar