CARA MENGECAT TEMBOK RUMAH

cara mengecat tembok rumah
                                Belajar ngecat rumah sendiri, bisa... apa gak ya ?

Apakah anda ingin mengecat rumah ?
Bagi anda yang sibuk bekerja bisa meminta tukang cat untuk mengecat rumah anda, namun bagi anda yang ingin mengisi hari libur kerja dengan kegiatan mengecat rumah bersama keluarga, lebih baiknya membekali diri dengan pengetahuan tentang cara mengecat yang benar sebelum memulainya agar dapat memperoleh hasil pengecatan sesuai yang diharapkan.

Keindahan rumah selain ditentukan dengan desain yang bagus juga ditunjang dengan finishing atau pengecatan yang bagus pula.
Untuk itu akan saya sampaikan cara mengecat tembok, baik itu tembok baru maupun tembok lama agar dapat memiliki persiapan sebelum melakukan pengecatan.

Cara Mengecat Tembok
A. Bahan yang di gunakan.
Persiapan awal adalah menentukan cat yang akan digunakan, saat ini banyak pabrik yang memproduksi cat dengan bermacam merk dengan sponsor yang mengklaim sebagai produk unggulan sehingga  membingungkan konsumen untuk itu menuntut para konsumen  lebih jeli memilih merk cat sebelum memutuskannya, dan tentunya disesuaikan dengan anggaran belanja yang dipersiapkan.

Didalam memilih merk cat rumah yang bagus pilihlah cat yang sudah mempunyai Bran atau merk dari perusahaan yang ternama dan sudah terkenal dimasyarakat.
Perusahaan yang memproduksi cat yang bagus selalu mencantumkan label kemasan yang berisi kwalitas cat dan keterangan teknis prodak.
Diantaranya ada beberapa merk cat rumah yang bagus tersedia  ada dipasaran misalnya, merk Dulux, Mowilex, Catylac, Emco, Metrolite, avian dll.

Langkah selanjutnya adalah memilih warna, pilihlah warna yang anda inginkan ! pewarnaan merupakan hal yang sangat penting dalam pendekorasian sebuah rumah, untuk itu sesuaikan warna pada tiap-tiap ruangan atau bagian rumah dengan kombinasi warna yang tepat untuk desain interior maupun eksterior rumah anda.

B. proses pengecatan.
Hasil pengecatan sangat tergantung pada kondisi permukaan tembok yang akan di cat, karena kondisi tembok dengan persiapan yang bagus akan membuat pekerjaan pengecatan lebih cepat, mudah dan memberi hasih akhir yang baik dengan lapisan catnya yang tahan lama.

Untuk itu yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Permukaan tembok harus dipastikan sudah benar-benar kering, bagi tembok yang baru umumnya sudah terlewati 4 minggu dari masa acian.
Apabila ada alat ukur kelembaban tembok (Protimeter) menunjukkan pada angka dibawah 16, hal ini gunanya untuk mengetahui kadar air yang masih tersimpan di dalam tembok.

2. Permukaan tembok yang retak rambut  kecil-kecil dan yang bergelombang atau tampak kurang rata harus diperbaiki terlebih dahulu dengan cara meratakan permukaan tembok menggunakan plamur (wall filler) secara tipis-tipis.
Bila permukaan tembok terdapat retak yang agak lebar, gunakan campuran mortar dan joint compound.
Gunakan plamur sesedikit mungkin, hindari pemakaian plamur pada seluruh permukaan tembok karena dapat mengurangi daya rekat cat.

3. Bersihkan permukaan tembok dari sisa acian atau kotoran yang menempel tembok dengan cara menggosok dengan rampelas kasar no. 80 sambil permukaan tembok dibasahi air bersih, bila permukaan tembok ditumbuhi jamur atau lumut, bersihkan dengan cara melumuri larutan kaporit kemudian bersihkan dengan air bersih dengan menggunakan lap yang bersih.

4. Setelah permukaan tembok dipastikan sudah bersih dan kering selanjutnya mulai proses pengecatan, bisa menggunakan roll atau menggunakan kuas.
Lapisi tembok dengan cat dasar atau primer, cat dasar ini merupakan tahap awal yang tidak boleh diabaikan karena menetukan keberhasilan dalam pengecatan tembok.
Biarkan cat dasar kering tunggu sekitar 1-2 jam.

 5. Siapkan cat utama yang anda pilih, aduk dahulu dengan sendok pengaduk supaya tidak menggumpal, tuangkan cat ke ember sesuai kebutuhan dan beri air bersih sebagai pengencer sesuai dengan aturan yang tertera dalam kaleng cat, aduk kembali hingga rata.
Celupkan kuas atau rol cat ke dalam adonan cat kemudian kuaskan atau gerakkan rol cat dengan arah maju mundur sampai permukaan tembok menyerap cat dengan baik.

Lakukan kegiatan pengecatan ini dimulai dari sisi yang paling atas, setelah selesai biarkan beberapa saat sampai cat benar-benar mengering, yaitu sekitar 2 jam, setelah itu dilanjutkan pelapisan ulang sampai warna cat di permukaan tembok tampak rata.
Untuk hasil maksimal kerjakanlah pengecatan akhir beberapa kali namun perlu di ingat setiap akan pengulangan cat sebelumnya di dahului dengan pengamplasan dan bersihkan tembok dari debu.
Dengan demikian selesia cara mengecat tembok, harapan saya agar anda dapat mempraktekkan dengan hasil yang baik.

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »