TIPS MERAWAT MEBEL KAYU JATI

TIPS MERAWAT MEBEL KAYU JATI
         Mulyati merawat meja makan dengan benar suapa awet dan finishingnya tetap kinclong


Pada saat ini para penggemar furniture banyak yang mulai mengganti perabot rumahnya dengan mebel yang terbuat dari kayu terutama kayu jati.
Rumah yang dihiasi dengan beraneka perabotan yang terbuat dari kayu memang dapat memberi nuansa yang beda, tampak asri, mewah dan elegan.

Meiliki perabotan rumah yang indah menyenangkan menjadi impian semua orang dan ini dapat didapatkan hanya oleh mereka yang dapat memberikan perhatian pada barang-barang mebelnya dengan cara rajin merawatnya secara benar.

Sungguh sangat disayangkan untuk memiliki barang mebel kayu, kita harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit bila kita malas merawatnya atau kita melakukan perawatan yang kurang benar.
karena furniture kayu yang tidak mendapatkan perawatan yang benar akan mudah kusam, tumbuh jamur dan mengurangi tampilan keindahannya.
Untuk itu perlu kiranya memiliki pengetahuan tentang cara yang benar merawat mebel kayu, untuk menghidari kesalahan pada saat kita merawatnya.

Tips Merawat Mebel Kayu.
1. Tempat 
Pastikan barang-barang mebel anda berada di tempat dengan suhu udara yang normal, karena sangat berpengaruh pada finishingnya.
Hindarkan dari tatapan sinar matahari secara langsung karena panas dapat menyebabkan penyusutan pada kayu yang pada akhirnya berpengaruh pada lapisan finishing terutama yang menggunakan finishing berbahan melamine, secara perlahan lahan lapisan finishingnya akan mengalami retak-retak dan warnanya akan berubah kusam.

Selain panas juga hindari tempat yang lembab karena tempat yang lembab merupakan ladang yang subur untuk tumbuhnya jamur, barang-barang mebel yang berada di tempat yang lembab akan mudah ditumbuhi jamur yang labat laun akan merusak finishing dan kayunya akan mudah lapuk oleh jamur.

Kemucing Dan Kuas
Usahakan melakukan perawatan setiap hari dengan menyapu seluruh permukaan barang mebel kayu dengan menggunakan kemucing sehingga tidak ada debu yang menempel dan barang terlihat bersih.
Untuk mebel yang bermotif ukiran, lakukan perawatan secara berkala dengan cara menyapu celah-celah dan tiap sudut ukirannya dengan menggunakan kuas yang halus berukuran kecil karena jamur dan debu sulit dijangkau oleh kemucing, atau kalau ada bisa menggunakan vacum cleaner mini.

3. Hindari Air
Hindarkan barang mebel kayu dari benda yang mengandung air seperti menaruh mangkok berisi es di atas meja kayu, karena berpengaruh buruk pada finishing mebel dan apabila terjadi tumpahan air maka lakukan secepat mungkin mengambil lap bersih dan yang mudah menyerap air. 

lanjutkan dengan mengelap dengan lap yang kering supaya dapat mencegah air terserap oleh pori-pori kayu. Dan perlu diperhatikan, jangan lupa meninggalkan lap basah terlalu lama diatas barang mebel kayu karena akan meninggalkan flek berupa perubahan warna lokal pada finisingnya sehingga merusak penampilan keindahan.

4. Pledge
Untuk mempertahankan keawetan finishing mebel kayu agar tampak selalu indah dapat dilakukan perawatan secara berkala dengan menyemprotkan pledge pada permukaan barang yang tentunya sudah dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan debu.
Pada saat proses penyemprotan pledge harus diikuti dengan pengelapan menggunakan kain ball atau kain kaos yang kering dan bersih.
Lakukan secara perlahan-lahan dan hati-hati agar terhindar dari goresan yang tidak diinginkan.

5. Teak Oil
Bagi penggemar mebel antik  dengan bahan dasar kayu tua pada umumnya lebih menyukai tampilan warna asli kayu sehingga finishingnya menggunakan warna natural, untuk perawatannya bisa menggunakan teak oil atau minak kayu dengan cara mengolesi cairan tersebut pada seluruh permukaan barang mebel kayu sampai rata dan dilanjutkan dengan pengelapan menggunakan lap yang kering dan bersih.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka sebelum proses pemakaian teak oil berlangsung lakukan pengosokan terlebih dahulu menggunakan rampelas no. 400 lalu bersihkan dari kotoran dan debu, setelah itu dilanjutkan pengolesan teak oil sampai selesai.

Demikian tips merawat barang-barang mebel kayu dengan benar, harapan kami agar supaya anda dapat merawat perabot rumah anda yang terbuat dari kayu dengan cara yang benar dan terhindar dari kesalahan.


Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »