Karyawan merupakan sawah ladang bagi sebuah perusahaan
Membuka usaha mempunyai peranan yang besar dalam pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Selain itu, dengan memulai usaha kecil-kecilan seperti ini, anda juga turut membuka lapangan kerja bagi orang lain.
Membuka usaha memerlukan strategi yang tepat supaya bisa sukses dan berkembang menjadi sebuah korporasi besar. Beberapa hal yang penting anda perhatikan adalah karyawan, konsumen, arus kas, kredibilitas, dan modal.
Berikut rincian dari hal-hal yang harus Anda perhatikan saat memulai usaha Anda, diantaranya sebagai berikut :
1. Karyawan
Karyawan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam sebuah usaha, karena tanpa kehadiran mereka bahan baku tidak akan berubah menjadi barang siap jual tanpa tangan mereka yang mengolahnya.
Hubungan kerja sama yang baik antara juragan dengan karyawan merupakan kunci utama dalam sebuah perusahaan.
2. Konsumen
Konsumen adalah hal utama yang harus diperhatikan oleh pelaku usaha karena mereka adalah urat nadi dalam semua bisnis. Konsumen jugalah yang memberi anda omzet supaya perusahaan anda terus bergerak.
Pepatah lama mengatakan, “bisnis tidak akan jalan tanpa ada sesuatu yang terjual” itu sangat benar adanya bagi pelaku usaha.
3. Iklan
Dalam memulai usaha, anda harus mulai menyebarkan luaskan bisnis tersebut supaya banyak orang tahu, caranya dengan memasang iklan dll
Tempat dan medianya bisa apa saja, seperti koran lokal, iklan radio, brosur yang dikirim dari rumah ke rumah, laman situs pribadi, iklan baris dan lain sebagainya.
Menyebarkan brosur dengan cara dari rumah ke rumah bisa efektif nan efisien. Cara ini paling banyak dilakukan di awal-awal saya membangun bisnis dengan target konsumen masyarakat sekitar.
4. Diskon
Cara yang paling klasik dalam menggaet dan mempertahankan konsumen.
Supaya perusahaan tidak terlalu rugi dalam memberikan potongan harga, usahakan ada syarat khusus terlebih dahulu. Salah satu yang efektif adalah dengan syarat jika si konsumen berhasil membawa calon pembeli maka akan diberi diskon.
Dengan demikian, lambat laun jumlah konsumen akan selalu bertambah.
5. Costumer service
Dengan menyediakan bagian pelayanan konsumen sangatlah penting bagi semua pelaku usaha.
Jika tidak cukup sumber daya, si pemilik bisnis bisa sekaligus merangkap posisi ini.
Yang penting, keluhan dan kepuasan konsumen bisa terdeteksi dengan baik. Tapi hati-hati, cara costumer service berkomunikasi dengan konsumen bisa mengangkat atau menghancurkan citra perusahaan.
Yang penting, keluhan dan kepuasan konsumen bisa terdeteksi dengan baik. Tapi hati-hati, cara costumer service berkomunikasi dengan konsumen bisa mengangkat atau menghancurkan citra perusahaan.
6. Arus Kas
Arus kas yang lancar dan sehat kadang lebih penting ketimbang omzet dalam usaha yang baru berdiri.
Anda harus bisa mengatur keseimbangan antara arus dana keluar dan masuk. Arus kas yang tidak seimbang bisa memberikan kejutan yang kurang enak di bisnis anda ke depan.
Salah satunya adalah kekurangan biaya untuk bayar karyawan, telat bayar kredit ke bank sampai kurang dana untuk bayar pajak. Kejutan-kejutan seperti ini yang biasanya menghancurkan bisnis anda secara perlahan-lahan.
Ada baiknya anda rencanakan pengeluaran dan pemasukan dalam satu atau dua bulan ke depan, sehingga jika ada kejutan di tengah jalan anda masih punya waktu untuk menyelesaikannya.
7. Jaringan
Mengembangkan jaringan bisa berpengaruh positif pada bertambahnya konsumen.
Caranya, anda bisa mengikuti pameran atau bergabung dalam sebuah asosiasi.
Dalam sebuah asosiasi anda bisa berbagi pengalaman dan mencari ide-ide baru untuk menabah wawasan, menambah pertemanan dan menambah terbukanya pintu rezki tentunya.
Demikian tulisan saya tentang kunci sukses membuka usaha baru, besar harapan saya agar tulisan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca terutama anda yang ingin membuka usaha.