FINISHING KAYU EXTERIOR

finishing kayu exterior
lebih tepat dan cantik barang eksterior dengan finishing eksterior juga

Kayu sebagai bahan bangunan rumah kayu dan barang-barang mebel yang letaknya berada di luar ruangan / exterior seperti kusen, lisplang, pagar, kursi kebun, kursi teras dll, memerlukan perhatian dengan perawatan khusus karena rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan terjadinya perubahan cuaca.

Dimusim hujan dengan kelembabannya yang tinggi berpengaruh buruk, air yang masuk ke pori-pori kayu merupakan ladang subur bagi kehidupan jamur yang menyebabkan terjadinya kelapukan pada kayu, begitu juga di musim kemarau tatapan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan penyusutan dan pemuaian pada kayu dan menimbulkan perubahan bentuk dan warna kayu berubah lebih kusam.

Maka dari itu dibutuhkan perawatan khusus dengan cara memberikan lapisan pelindung yang tepat, yaitu bahan finishing yang memiliki sifat tahan terhadap air hujan dan memiliki sifat tahan terhadap panas matahari atau uv absorbent.
Bahan finishing tersebut banyak terdapat di toko bangunan atau di toko cat, seperti Aqua politur, Ultran politur, Ultran lasur, dll.

Cara Aplikasi Finishing Kayu Exterior
1. Kayu atau barang-barang yang akan di finishing terlebih dahulu harus di perhatikan kemungkinan adanya cacat bawaan kayu atau kontruksi sambungan kayu yang kurang rapat perlu dirapikan dan di dempul setelah itu di haluskan dengan rapelas kasar no. 100 untuk meratakan kayu agar rata dan tidak bergelombang, dilanjutkan dengan penggosokan menggunakan rampelas yang lebih halus no. 180 untuk memperoleh kehalusan dan bersihkan debu rapelas yang menempel dengan kuas.

2. Bahan Finishing yang akan digunakan di encerkan terlebih dahulu dengan thiner secukupnya aduk sampai campur kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu dan garden atau barang-barang furniture kayu luar ruangan sapai rata, diamkan sebentar agar meresap ke pori-pori kayu setelah kering amplas dengan rampelas halus no, 320 kemudian ulangi sampai dua kali, kegiatan ini dinamakan dasaran.

Tahap berikutnya mengkuaskan bahan finishing menggunakan kuas yang terbungkus kain kaos untuk memperoleh hasil finishing yang halus, kegiatan ini bisa dilakukan beberapa kali sampai terlihat bagus, namun perlu di perhatikan setiap akan melakukan pengkuasan ulang harus didahului merampelas secara ambang dengan rampelas halus no.400.

3.  Clear sebagai pelapis akhir untuk melindungi lapisan sebelumnya, cara pengerjaannya juga sama menggunakan thiner sebagai bahan pengencernya dan meratakan ke seluruh permukaan kayu atau barang-barang menggunakan kuas.
Bila menghendaki tampilan yang mengkilap bisa menggunakan clear gloss sebaliknya bila menghendaki tampilan yang anggun bisa menggunakan clear dof

Hai, Saya seorang Blogger online dari Indonesia. Saya memiliki beberapa blog diantaranya : Pariwisata , Resep Masakan , Kunci Sukses , Stress Dan Penanganannya

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments
30 March 2017 at 00:15 delete

apakah tinner nggak mahal gan, ada alternatif penggantinya nngak

Reply
avatar